CPU (Central Processing Unit) memiliki beberapa bagian yang berbeda dan
saling berintegrasi dalam membentuk fungsinya secara bersamaan. Perkembangan arsitektur
CPU dari tiga generasi yaitu generasi pra komputer yang akan diwakili oleh
arsitektur mesin Analitis Babagge, generasi komputer pertama yang stored
program yang diwakili oleh mesin Von Noumann dan generasi komputer modern.
A.
Arsitektur Mesin Analitis Babbage (1843)
Pada tahun 1843, seorang professor matematika dari
Universitas Cambridge Inggris yang bernama Charles Babbage, menemukan suatu
konsep pemrosesan data yang menjadi dasar kerja dan prototipe dari
komputer-komputer jaman sekarang. Mesin tersebut dikenal dengan nama Babbage’s
Analytical Engine. Mesin Analitis Babbage merupakan alat mekanis pertama yang
mampu dipergunakan untuk menjalankan beberapa algoritma. Artinya mesin tersebut
sudah dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan. Programming mesin tersebut
dilakukan langsung oleh seorang programmer yang pada waktu itu dilakukan oleh
Ada Augusta Lovelace (penemu bahasa ADA sebagai bahasa pemrograman pertama di
dunia).
Arsitektur mesin tersebut yaitu sebagai berikut:
a)
Bagian input, digunakan untuk membaca intruksi –
intruksi dan data dari kartu berlubang
b)
Bagian penyimpanan, memuat 1000 word yang masing
–masing terdiri dari 50 digit decimal
c)
Bagian pengolahan, digunakan untuk melakukan
pemroses data berdasarkan intrusi yang dilakukan kartu plong
d)
Bagian output , terdiri dari output tercatat dan
tercetak yang digunakan untuk menyimpan serta menampilkan hasilnya
e)
Kelemahan : mesin in belum stored program
B.
Arsitektur mesin van neuman (1952)
Mesin Von Neumann mewakili mesin komputer generasi
pertama yang bersifat stored program. John Von Neumann adalah seorang ahli
matematika dan anggota Institute of Advance Study di Princention New Jersey
yang bekerja sama dengan H.H. Goldstine dan A.W. Binks mengajukan suatu makalah
yang menyarankan bahwa dalam pembuatan komputer sebaiknya menggunakan angka
binary. Konsep tersebut pada akhirnya menjadi tonggak sejarah dalam terciptanya
komputer digital yang akhirnya membawa Neumann pada julukan “promoter of the
stored program (software) concept”.
Sketsa computer van neumen :
Arsitektur mesin :
·
Unit Input, untuk membaca data dan instruksi
yang diberikan.
·
Main Memory, terdiri dari 4096 Word satu word
memuat 40 bit biner.
·
Arithmetic Logic, sebagai bagian yang berfungsi
sebagai unit pemrosesan.
·
Control Unit, sebagai pengendali kerja antar
komponen arsitektur.
·
Unit Output, untuk menampilkan hasil pengolahan
data yang dilakukan ALU dan CU.
Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang
menempatkan program (ROM= Read Only Memory) dan data (RAM = Random Access
Memory) dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memilik address dan data
bus tunggal untuk mengalamatkan program (intruksi dan data. Bagian komputer
terdiri dari tiga komponen yaitu CPU (Central Processing Unit); memory dan
Input/Output. Ketiga komponen tersebut
terhubung melalui sistem bus.
Kelebihan model arsitektur Von Neumann:
a. Fleksibilitas pengalamatan program dan data
b. Program selalu ada di ROM dan data selalu ada di RAM
c. Arsitektur Von Neumann memungkinka prosesor untuk
menjalankan program yang ada di dalam memori data (RAM).
Kelemahan model arsitektur Von Neumann:
a. Data bus tunggal menyebabkan instriuksi untuk
mengakses program dan data harus dijalankan secara sekuensial dan tidak bisa
melakukan overlapping
b. Bandwitdh program harus sama dengan bandwitdh data
c. Processor Von Neumann membutuhkan jumlah clock PI
(clock per Intruction) yang relatif lebih banyak.
C.
Arsitektur Mesin computer modem (1980).
Arsitektur computer secara umum dapat dilihat sebagai
berikut
1.
Registers, adalah media penyimpan internal CPU
yang digunakan saat proses pengolahan data
2.
Arithmetic and Logic Unit (ALU), bertugas
membentuk fungsi - fungsi pengolahan data computer
3.
Control Unit, bertugas mengontrol operasi CPU
dan secara keseluruhan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja
antar komponen dalam menjalankan fungsi - fungsi operasinya
4.
CPU Interconnections, adalah sistem koneksi dan
bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan
register - register dan juga dengan bus - bus eksternal CPU yang menghubungkan
dengan sistem lainnya
Refrensi:
“Struktur dari computer beserta penjelasannya lengkap” http://www.aksell17.com/2015/09/struktur-dari-komputer-beserta_13.html
“Pengenalan
organisasi dan arsitektur computer “ Tanggalhttp://www.tifkom.net/2015/05/pengenalan-organisasi-dan-arsitektur.html
“Arsitektur
CPU.pdf” http://nurfajria.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/34087/Arsitektur+CPU.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar